Mengapa perlu gambar desain sebelum buat rumah?

Mengapa perlu gambar desain sebelum buat rumah? | BAGUS TRIPUTRA

Mengapa perlu Gambar desain sebelum membangun Rumah ?

Jadi seberapa penting sih membuat desain rumah sebelum membuat rumah? saya pernah membaca postingan di sosial media entah siapa itu orang nya tidak terlalu penting katanya begini: “saat ini sudah banyak buku-buku yang memuat contoh2 gambar desain, mulai dari model minimalis, tropis, mediterania, hingga klasik. Juga sudah banyak tukang-tukang bangunan yang ahli menterjemahkan model rumah di atas kertas menjadi bentuk sesungguhnya rumah beneran, pemilik rumah tinggal pilih saja yang ada dibuku-buku tersebut, lalu tunjukan ke tukang yang ahli bangunan ! Fokus trulala dan jadilah rumah yg seperti dibuku tersebut !

Akan tetapi pertanyaannya? apakah rumah yang sudah di bangun itu setelah jadi dan di huni, akan merasa nyaman ? dan apakah meraut biaya yang mahal dan sesuai dengan apa keinginan anda? apakah bisa mengakomodir keinginan penghuninya?

Secara fisik dan rohani memang benar ! produk dari seorang desainer / arsitek memang berupa selembar kertas maupun file, karena itu media komunikasi yang dipakai para desainer / arsitek untuk menunjukan kepada klien saat mempresentasikan karya-karya nya kepada klien, agar si pemilik rumh bisa tau berapa biaya dan model desain yang diinginkan klien.

Tahukah kamu? apa saja kandungan isi dari lembaran tersebut?

Jika Anda tidak memakai gambar desain, atau Anda tidak memegang langsung dengan konsep gambar desain rumah yang anda inginkan tentunya Anda tidak akan merasakan apa-apa yang akan anda rasakan sebelum membangun rumah. Tapi bagi calon pemilik rumah tersebut, mereka bisa merasakan betapa rumah yang ditempati itu benar benar sudah sesuai keinginan dia. Karena sebelum menyerahkan konsep desainnya diatas kertas ataupun file, seorang arsitek akan mengumpulkan data-data gambar dan juga survey dengan apa yang berkaitan oleh keinginan calon penghuni rumah atau klien.

Gambar desain atau gambar perencanaan merupakan ibarat sebuah peta, atau petunjuk dalam membuat suatu bangunan untuk memudahkan seseorang dalam merencanakan, membuat model dan menghitung biaya dalm suatu pembangunan. Jadi semakin jelas dan lengkapnya informasi yg disajikan dalam petunjuk tersebut maka, semakin mudah dan cepatnya sebuah tujuan dapat dicapai oleh orang yang ingin membangun sebuah rumah.
Jadi jika semakin lengkap dan jelas petunjuk yang diberikan di dalam gambar perencanaan, semakin kecil kemungkinan terjadi KESALAHAN, KERUGIAN, KEBINGUNGAN, KEKELIRUAN, dan PEMBOROSAN akibat terlalu memaksimalkan faktor keamanan bangunan, bahkan KERUGIAN material akibat bongkar pasang atau perbaikan kesalahan yang terjadi saat pembangunan.

Maka dari itu sangat PENTING sekali ! Membuat Gambar desain perencanaan sebelum membangun sebuah bangunan / rumah karena kita akan lebih mudah dalam menyesuaikan keinginan dan model rumah yang akan kita bangun dan juga kita bisa mengetahui berapa biaya rumah yang akan di keluarkan sesuai model yang kita inginkan, kita juga bisa melihat apa saja material – material apa saja yang akan digunakan maupun berapa habisnya biaya material yang akan digunakan, jadi intinya kita bisa meminimalisir terjadinya kerugian.

Apa saja isi dari gambar seorang desainer arsitek ?

1. Gambar kerja teknis bangunan 

Mengapa perlu gambar desain sebelum buat rumah? | BAGUS TRIPUTRA

Berupa gambar kerja dan Sebagai acuan pekerjaan tukang/kuli sehingga pelaksanaan dapat dengan mudah dan cepat diterjemahkan oleh tukang dari gambar perencanaan kedalam wujud bangunan. Mulai dari Gambar denah, Gambar tampak(tampak depan, samping, belakang), Potongan Prinsipal, Rencana rangka atap, Rencana kusen pintu dan jendela, semuanya tergambar jelas baik keterangan, spesifikasi, maupun dimensi bangunannya. Tepatnya adalah kepada ketepatan waktu dalam pelaksanaan yang hasilnya benar-benar sesuai dengan keinginan Anda sebagai pemiliknya

  2. Gambar rencana struktur

Mengapa perlu gambar desain sebelum buat rumah? | BAGUS TRIPUTRA

Merupakan sebuah gambar rencana detail – detail dari bangunan yang terdiri dari: detail rencana pondasi, sloof, kolom, balok, kolom praktis, plat lantai, ring balok, hingga detail rencana atap, semuanya terencana sejak awal, baik dalam gambar denahnya maupun detail-detail yang menyangkut dimensi struktur yang akan di bangun, serta rencana pembesian dan lain sebagainya, jadi kita akan mengetahui berapa diameter besi yang digunakan, berapa panjang besi yang digunakan untuk tiap-tiap bagian struktur. semua terpampang dengan jelas di gambar rencana struktur ini.

3.Gambar rencana Instalasi Air bersih dan air kotor (Sanitary)

Merupakan gambar denah rencana Instalasi air bersih dan kotor yang bertujuan agar kita bisa tau dimana letak-letak jalur air bersih dan air jalur air kotor yang akan di lalui dan bangun sehingga kita tidak bingung lagi menentukan posisi dan jumlah armaturnya, Hal ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya tindakan bongkar pasang akibat salah penempatan dalam suatu bangunan yang akan dibangun.

4.Gambar rencana Instalasi Listrik (Kelistrikan)

Merupakan gambar denah rencana yang disajikan untuk mengetahui dimana tata letak lampu, stopkontak, kabel, MCB, saklar, dan lain – lain. sehingga gambar rencana rumah yang akan kita bangun bisa kita ketahui berapa jumlah – jumlah lampu yang digunakan, berapa jumlah saklar yang digunakan, berapa jumlah stop kontak yang digunakan, dan lain sebagainya, sehingga tidak terjadi salah pasang saat proses instalasi.

5.Gambar 3 Dimensi (3 Dimensions)

Mengapa perlu gambar desain sebelum buat rumah? | BAGUS TRIPUTRA

Gambar 3 dimensi adalah gambar yang di buat nyata seperti aslinya sesuai dengan apa yang didesain oleh seorang desainer arsitek. gambar 3 dimensi juga bertujuan untuk kebanyakan orang yang biasanya tidak bisa membaca gambar 2 dimensi dan akan sangat berguna adanya gambar perspektif atau 3 dimensi ini, hal ini bertujuan untuk memudahkan seseorang untuk mengetahui model rumah sesungguhnya yang akan di bangun dan terlihat seperti aslinya.

Perhitungan rencana anggaran biaya (RAB)

Mengapa perlu gambar desain sebelum buat rumah? | BAGUS TRIPUTRA

Merupakan rencana perhitungan biaya yang akan di keluarkan oleh pemilik bangunan yang akan membangun sebuah bangunan yang dia inginkan. RAB sendiri sangat penting kegunaan nya dalam proses membuat rumah, deangan adanya RAB kita bisa mengetahui jumlah biaya bahan dan material apa saja yang akan kita keluarkan untuk membangun sebuah bangunan, sehingga kita bisa meminimalisir terjadi kerugian akibat pengeluaran material, sekaligus bisa mengetahui progress pembangunan agar tidak terjadi pembobolan. jadi dengan adanya perencanaan di awal yang matang dapat mempermudah kita saat membangun sebuah rumah / bangunan agar tidak mengalami kerugian.


 

Jadi kesimpulan nya mengapa perlu gambar desain ?

Kesimpulan nya cukup sederhana, dengan gambar desain yang lengkap akan dapat mempermudah kita mengetahui biaya yang akan dikeluarkan dan juga akan menghasilkan proses pembangunan yang baik dan lancar sekaligus bisa menghemat biaya pengeluaran yang ekonomis


Sebenarnya besarnya biaya desain yang dikeluarkan tidak akan ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kerugian yang akan terjadi jika pembangun tidak ada gambar rencana dan RAB yang lengkap. karena dengan adanya pernecanaan yang matang di awal akan mempermudah saat proes pembangunan.

Jadi tunggu apalagi jika anda berminat ingin membuat sebuah rumah dengan biaya yang murah kami BAGUS TRIPUTRA – jasabuatrumah.com bisa mewujudkan mimpi anda !!

ORDER/KONSULTASI JASA :

087881528651 (XL/AXIS)

081359594555 (Telkomsel)

BAGUS TRIPUTRA

Kami adalah perusahaan yang melayani Jasa Desain dan Pembangunan

Mungkin Anda Menyukai

3 tanggapan untuk “Mengapa perlu gambar desain sebelum buat rumah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.