Bentuk, ruang, skala dan fungsi dalam arsitektur

Bentuk, Ruang, Skala, dan Fungsi Arsitektur

Hai sobat , pada kali ini saya akan membahas mengenai konsep dasar mengenai bentuk, ruang , skala, dan fungsi serta dalam proses perencanaan dan perancangan arsitektur.

1.Bentuk

Di dalam dunia arsitektur, bentuk memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan perencanaan dan perancangan arsitektur, dimana bentuk sangat berkaitan erat dengan aspek yang mendasari keputusan proses perancangan, yaitu citra. Bentuk merupakan istilah yang memiliki beberapa pengertian. bentuk sendiri dapat di artikan sebuah alat pokok bagi perancangan dimana dibutuhkan kepekaan untuk memilih, memanipulasi, dan menguji unsur – unsur berbagai bentuk dasar juga organisasi ruang serta perubahan yang terjadi sehingga berkaitan satu sama lain. 

2.Ruang

Ruang merupakan daerah tiga dimensi dimana sebuah obyek dan peristiwa berada. Ruang memiliki posisi dan arah yang relatif, terutama pada suatu bagian tersebut di rancang sedemikian rupa untuk tujuan tertentu. ruang tersendiri merupakan wadah- wadah dari kegiatan dan aktifitas – aktifitas manusia, baik aktifitas fisik maupun emosi. Ruang terkait dengan volume, volume memiliki 3 aspek dimensi yaitu: panjang, lebar serta tinggi.

Ruang yang digunakan lebih dari satu fungsi dan aktifitas di sebut dengan multifungsi. sedangkan ruang yang bsa digunakan untuk mewadahi aktifitas yang berlainanatau bahkan aktifitas yang bertenang di sebut ruang yang relatif.

Gambar 2.1 Ruang sebagai bentuk 3 dimensi

3.Skala dalam arsitektur

Skala dalam arsitek memiliki pengertian menunjukkan perbandingan antara elemen bangunan atau ruang dengan suatu elemen dengan ukuran manusia.

Skala terdiri dari dua macam, yaitu :

1. Skala Generik, yaitu perbandingan ukuran elemen bangunan / ruang terhadap elemen lain yang berhubungan disekitarnya.

2. Skala  manusia, yaitu perbandingan ukuran elemen bangunan / ruang dengan dimensi tubuh manusia.

Gambar 2.2 Ilustrasi dalam skala arsitektur

 

di lingkungan kota, terdapat beberapa macam Skala, yaitu diantaranya :

1. Skala Perkotaan

yaitu skala ruang yang dikaitakn dengan perkotaan dengan lingkungan serta manusia sehingga manusia merasa berada/ kerasa di lingkungan itu.

2. Skala Intim

Yaitu skala ruang kecil yang memberikan rasa terlindungi untuk manusia yang ada didalamnya. contohnya: taman kecil yang dikelilingi rumah.

3. Skala Monumental

Adalah skala ruang yang besar dengan obyek yang mempunyai nilaitertentu sehingga manusia akan merasakan keagungan akan ruangan itu sendiri.

4. Skala Menakutkan 

Skala ini mempunyai perbandingan yang jauh sekali dari perbedaan manusia sehinnga timbul rasa menakutkan bagi manusia yang berada di dalam ruangan tersebut. contoh: bangunan yang tinggi yang berdekatan jaraknya akan menciptakan skala ruangan yang menakutkan. 

4.Fungsi Dalam arsitektur

“Fungsi” diartikan sebagai berjalannya suatu tema ataupun kegiatan yang  mencerminkan dengan tema ruang. fungsi yang diperlukan dalam perencanaan meliputi :

  • Fungsi jamak 
  • Fungsi Tunggal

Sekian artikeldari saya semoga bermanfaat ^-^

BAGUS TRIPUTRA

Kami adalah perusahaan yang melayani Jasa Desain dan Pembangunan

Mungkin Anda Menyukai

3 tanggapan untuk “Bentuk, ruang, skala dan fungsi dalam arsitektur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version